Mempelajari contoh percakapan berbahasa Arab dapat membantu kita untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Arab secara praktis dan kontekstual. Dengan mempelajari percakapan dalam lughot Arobiyyah, seseorang dapat memperluas kosa kata mereka, meningkatkan kemampuan mendengarkan dan memahami bahasa Arab yang diucapkan dengan berbagai aksen dan dialek, serta mengasah kemampuan berbicara dan menulis dalam bahasa Arab.
Contoh percakapan di dalam kelas antara murid dan guru tentang benda-benda di dalam kelas. Nama murid laki-laki yang terlibat percakapan adalah Ahmad, Baha’, kholid. Sedangkan murid perempuan yang terlibat percakapan Fatimah dan Aisyah. Guru atau yang terlibat percakapan Ustadz Zaid.
Contoh Percakapan Berbahasa Arab di Kelas
Berikut Contoh percakapan berbahasa arab dan Artinya dalam Kelas antara murid dan guru tentang benda-benda yang lazim berada dalam ruangan belajar tersebut. dalam contoh percakapan ini juga dijelaskan masing-masing fungsinya.
أُستَاذ زَيْد: السَّلامُ عَلَيْكُمْ، يا تَلاَمِيْذُ. الْيَوْمَ، سَنَتَحَدَّثُ عَنْ الأَشْيَاءِ دَاخِلَ الْفَصْلِ. مَنْ يُمْكِنُهُ أَنْ يَسْمَيْ لَنَا بَعْضَ الْأَشْيَاءِ الَّتِي تَوْجَدُ فِي هَذَا الْفَصْلِ؟
Ustadz Zaid: Assalamualaikum, anak-anak. Hari ini kita akan membicarakan tentang benda-benda di dalam kelas dan fungsinya. Ada yang bisa menyebutkan benda apa saja yang ada di dalam kelas ini?
أَحْمَد: يا أُستَاذ، يُوجَدُ هُنَا مَكْتَبٌ وَكُرْسِيٌّ وَسَبُّورَةٌ.
Ahmad: Ustadz, ada meja, kursi, dan papan tulis.
أُستَاذ زَيْد: بِالتَّأْكِيدِ، أَحْمَد. مَنْ يُمْكِنُهُ إِضَافَةٌ أُخْرَى؟
Ustadz Zaid: Betul sekali, Ahmad. Ada yang bisa menambahkan?
بَهَاء: يُوجَدُ أَيْضًا جِهَازٌ عَرْضٌ وَأَقْلامٌ تَخْطِيطِيَّةٌ يا أُستَاذ.
Baha’: Ada juga proyektor dan spidol, Ustadz.
أُستَاذ زَيْد: جَيِّدٌ جِدًّا، بَهَاء. وَكَيْفَ بِكُمْ؟
Ustadz Zaid: Sangat baik, Baha’. Bagaimana dengan kalian yang lain?
خَالِد: يُوجَدُ رَفُّ الْكُتُبِ وَخِزَانَةٌ يا أُستَاذ.
Kholid: Ada rak buku dan lemari, Ustadz.
أُستَاذ زَيْد: صَحِيحٌ تَمَامًا، خَالِد. جَمِيلٌ. مَاذَا بَعْدُ؟
Ustadz Zaid: Tepat sekali, Kholid. Bagus. Apa lagi?
فَاطِمَة: يُوجَدُ أَيْضًا سَاعَةٌ حَائِطٌ يا أُستَاذ.
Fatimah: Ada juga jam dinding, Ustadz.
أُستَاذ زَيْد: بِالضَّبْطِ، فَاطِمَة. هَلْ يُمْكِنُ أَنْ يَضِيفَ أَحَدٌ شَيْئًا إِضَافِيًّا؟
Ustadz Zaid: Benar, Fatimah. Ada lagi yang ingin ditambahkan?
عَائِشَة: يُوجَدُ أَيْضًا مِصْبَاحٌ وَمِرْوَحَةٌ يا أُستَاذ.
Aisyah: Ada lampu dan kipas angin, Ustadz.
أُستَاذ زَيْد: قَائِمَةٌ مُكْتَمِلَةٌ جِدًّا. الآن، مَنْ يُمْكِنُ أَنْ يُفَسِّرَ وَظَائِفَ كُلِّ شَيْءٍ مِنْ هَذِهِ الْأَشْيَاءِ؟
Ustadz Zaid: Sangat lengkap sekali daftarnya. Sekarang, siapa yang bisa menjelaskan fungsi dari masing-masing benda tersebut?
أَحْمَدُ: الْمَكْتَبُ وَالْكُرْسِيُّ يُسْتَخْدَمَانِ لِلْجُلُوْسِ وَالْكِتَابَةِ يَا أُسْتَاذُ.
Ahmad: Meja dan kursi digunakan untuk tempat duduk dan menulis, Ustadz.
أُستَاذ زَيْد: جَيِّدٌ. وَمَاذَا عَنْ السَّبُّورَةِ؟
Ustadz Zaid: Baik. Bagaimana dengan papan tulis?
بَهَاء: السَبُورَةُ تُستَخدَمُ لِلكِتَابَةِ وَالرَّسْمِ يا أُستَاذُ
Baha’: Papan tulis digunakan untuk menulis dan menggambar, Ustadz
أُستَاذ زَيْد: نَعَمْ، صَحِيحٌ. مَاذَا عَنْ الْعَارِضِ الْمُتَعَدِّدِ وَأَقْلَامِ الْكِتَابَةِ الْخَاصَّةِ بِالسَّبُّورَةِ؟
Ustadz Zaid: Ya, betul. Bagaimana dengan proyektor dan spidol?
خَالِد: يُسْتَخْدَمُ الْعَارِضُ الْمُتَعَدِّدُ لِعَرْضِ الصُّورِ وَالْفِيدِيُو، وَأَمَّا أَقْلَامُ الْكِتَابَةِ فَيُسْتَخْدَمُ لِلْكِتَابَةِ عَلَى السَّبُّورَةِ، يَا أُستَاذ
Kholid: Proyektor digunakan untuk memproyeksikan gambar atau video, sedangkan spidol digunakan untuk menulis di papan tulis, Ustadz.
أُستَاذ زَيْد: جَيِّدٌ جِدًّا، بَارَكَ اللهُ فِيكَ. مَاذَا عَنِ الرَّفِّ وَالْخِزَانَةِ؟
Ustadz Zaid: Bagus. Bagaimana dengan rak buku dan lemari?
فَاطِمَة: يُسْتَخْدَمُ الرَّفُّ وَالْخِزَانَةُ لِتَخْزِينِ الْكُتُبِ وَالْأَشْيَاءِ الْأُخْرَى يَا أُستَاذ
Fatimah: Rak buku dan lemari digunakan untuk menyimpan buku dan barang-barang lain, Ustadz.
أُستَاذ زَيْد: نَعَمْ، بِالضَّبْطِ. مَاذَا عَنْ السَّاعَةِ الْحَائِطِيَّةِ؟
Ustadz Zaid: Ya, benar. Bagaimana dengan jam dinding?
عَائِشَة: تُسْتَخْدَمُ السَّاعَةُ الْحَائِطِيَّةُ لِإِظْهَارِ الْوَقْتِ يَا أُستَاذ
Aisyah: Jam dinding digunakan untuk menunjukkan waktu, Ustadz.
أُستَاذ زَيْد: بِالضَّبْطِ. مَاذَا عَنْ الْمِصْبَاحِ وَالْمِرْوَحَةِ؟
Ustadz Zaid: Tepat sekali. Bagaimana dengan lampu dan kipas angin?
أَحْمَد: يُسْتَخْدَمُ الْمِصْبَاحُ لِإِنَارَةِ الْغُرْفَةِ، وَالْمِرْوَحَةُ لِضَبْطِ الْحَرَارَةِ وَتَدُورُ لِتَحْرِيكِ الْهَوَاءِ يَا أُستَاذ
Ahmad: Lampu digunakan untuk menerangi ruangan, sedangkan kipas angin digunakan untuk mengatur suhu dan sirkulasi udara, Ustadz.
جَيِّدٌ جِدًّا، أَيُّهَا الطُّلَابُ. الْآنَ، هَلْ يَوْجَدُ أَيْ أَسْئِلَةٍ أَوْ إِضَافَاتٍ تُرِيْدُوْنَ طَرْحَهَا؟
Ustadz Zaid: Sangat baik penjelasannya. Sekarang, apakah ada pertanyaan atau tambahan yang ingin ditanyakan?
بَهَاء: يا أُستَاذ، وَكَيْفَ بِاِسْتِخْدَامِ الْحَاسُوْبِ فِي هَذَا الْصَّفِ
Baha’: Ustadz, bagaimana dengan penggunaan komputer di dalam kelas ini?
أُستَاذ زَيْد: آه، نَعَمْ. لَدَيْنَا أَيْضًا بَعْضُ أَجْهِزَةِ الْحَاسُوبِ الَّتِي تُسْتَخْدَمُ لِلْغَرَضِ مِنْ الْتَّعَلُّمِ. شُكْرًا عَلَى إِضَافَتِكَ يَا بَهَاء
Ustadz Zaid: Ah, iya. Kita juga memiliki beberapa komputer yang digunakan untuk keperluan belajar. Terima kasih sudah menambahkan, Baha’
أُستَاذ زَيْد: إِذًا، هَذِهِ جَمِيْعَ الْأَشْيَاءُ الَّتِي تَوْجَدُ فِي الْفَصْلِ بِمَا فِيْهِمْ وَظَائِفُهُمْ، هَلْ فَهِمْتُمْ جَمِيْعًا؟
Ustadz Zaid: jadi, itu semua adalah benda-benda yang ada di dalam kelas berikut fungsinya, apa kalian semua paham?
الطُّلاَبُ: نَعَمْ يَا أُستَاذ، نَحْنُ فَهِمْنَا. شُكْرًا لَكَ
Murid-murid: ya Ustadz, kami paham. Terimakasih
أُستَاذ زَيْد: الْعَفْوُ، جَمِيْعٌ
Ustadz Zaid: sama-sama
Itulah contoh percakapan berbahasa Arab yang bisa siswa, pelajar dan santri praktikkan guna meningkatkan kemahiran berbahasa.
Mufrodat Percakapan Berbahasa Arab
Mufrodat atau kosa kata dalam contoh percakapan berbahasa arab dan artinya dalam kelas:
السلام عليكم (as-salāmu ‘alaykum) = Salam sejahtera (ucapan salam dalam bahasa Arab)
اليوم (al-yawm) = Hari ini
سنتحدث (santaḥadithu) = Kita akan berbicara
الأشياء (al-ashyā’) = Barang-barang/ benda-benda
الفصل (al-faṣl) = Ruang kelas
يا (yā) = Hai
تلاميذ (talāmīdh) = Murid-murid
من (man) = Siapa
يمكنه (yumkinuhu) = Dapat
يسمي (yusamī) = Menamakan
لنا (lanā) = Untuk kita
مكتب (maktab) = Meja / Kantor
كرسي (kursī) = Kursi
سبورة (sabūrah) = Papan tulis
بالتأكيد (bilta’kīd) = Tentu saja
إضافة (iḍāfah) = Tambahan
أخرى (ukhrá) = Lainnya
جهاز (jahāz) = Alat / perangkat
عرض (ʻarḍ) = Proyektor / layar
أقلام (aqlām) = Pensil / pensil warna
تخطيطية (tukhtīṭīyah) = Gambar teknis / arsitektur
رف (raf) = Rak buku
كتب (kutub) = Buku-buku
خزانة (khazānah) = Lemari
ساعة (sāʻah) = Jam
حائط (ḥāṭ) = Dinding
مصباح (miṣbāḥ) = Lampu
مروحة (marwahhah) = Kipas angin
يستخدم (yastakhdhamu) = Digunakan
إضاءة (iḍāʼah) = Cahaya
Penutup
Jadi, contoh percakapan berbahasa Arab dan artinya tentang benda-benda di dalam kelas dapat memberikan manfaat sebagai sumber belajar bahasa Arab. Selain itu kita dapat memperluas kosakata bahasa Arab, meningkatkan kemampuan mendengarkan dan berbicara, memahami tata bahasa dan memperkaya skill berbahasa Arab.
Belajar percakapan bahasa Arab sehari-hari, termasuk percakapan berbahasa Arab, percakapan bahasa Arabnya, serta perkenalan bahasa Arab akan selalu kami sajikan di nahwu.id agar membantu kita mahir, lancar dan fasih berbahasa Arab.